Media informasi dan komunikasi melalui jurnal, tulisan harian dan mingguan untuk menjaga kontinuitas turunnya ilmu melalui ilham yang diberikan lewat kalam melalui perangkat komputer.

Thursday, July 15, 2010

Sungai Batanghari, Sumbar dan Jambi




بسم الله الرحمن الرحيم



Di Jawa Tengah dan Jawa Barat terdapat BUMN Jasa Tirta.
Jasa Tirta I, berpusat di Solo untuk aliran Bengawan Solo
Jasa Tirta II, berpusat di Purwakarta aliran Sungai Citarum.

Jasa Tirta I

Jasa Tirta II

Menurut hemat saya dengan potensi sumber daya air Batanghari dari Hulu Danau Atas, Solok, Kota Baru, Tebo, Muara Tembesi, hingga Jambi untuk agraris,irigasi, lalu lintas air, ekonomi, dan pariwisata perlu ditingkatkan koordinasinya menjadi BUMN Jasa Tirta III.

Batang Hari


Batanghari di Provinsi Sumbar dan Jambi


Dengan adanya BUMN di Sumatra akan menyerap tenaga kerja Perguruan Tinggi; Teknik Sipil, Mesin, Elektro, Ekonomi, Pertanian, Hukum, Manajemen dari Sumatra Barat dan Jambi mengurangi urbanisasi ke pulau Jawa.

Melihat kemakmuran penduduk Solo, Gresik, Surabaya serta Bandung dan Jakarta dari hasil karunia curahan hujan berupa sungai yang mengairi pertanian, perikanan darat dan pembangkitan energi listrik. Ada pepatah Jawa yang baik "Joglo, Tirto, Kencono" menunjukan pentingnya air dalam kemakmuran kehidupan masyarakat. Potensi Batang Hari bisa menjadi perhatian dengan melimpahnya sumber daya air. Kawasan Industri Cikarang, Jawa barat mendapatkan suplai energi listrik dari PLTA Ir. Juanda, Purwakarta dan mendapat pasokan air baku dan air gelontor dari Sungai Citarum yang di kelola Jasa Tirta II.

Keuntungan BUMN adalah banyaknya proyek-proyek Pusat dari Departemen Pekerjaan Umum melalui APBN yang diterapkan di Sumatra Barat dan Jambi sehingga tercapai pengolahan air irigasi untuk swasembada dan ketahanan pangan dan kebutuhan air baku kabupaten-kabupaten yang dilaluinya. Pembangunan jaringan air akan memberikan efek yang banyak pada pembangunan irigasi, perumahan, jaringan air minum, pertanian, perikanan dan perkebunan, jalur jalan dan jembatan sepanjang aliran sungai. Hasil produksi sektor diatas dapat menambah asset tidak bergerak dan bergerak, meningkatkan ekonomi sekitar.

Mengutip Ayat Suci Alquran
Singasana Allah, Arasy di atas Air.




"Dan Dia-lah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, dan adalah singgasana-Nya (sebelum itu) di atas air, agar Dia menguji siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnya, dan jika kamu berkata (kepada penduduk Mekah): "Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan sesudah mati", niscaya orang-orang yang kafir itu akan berkata: "Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata".
[QS Hud 7]

Dengan membangun bendungan bertingkat, bendungan tipe run off river seperti Sungai Rhein, Eropa. Bendungan sebagai sumber irigasi, sumber air minum, penghasil aliran listrik PLTA, media memperlambat laju air, mencegah erosi, mencegah banjir, menampung sendimen lumpur, memperjernih air, dan mempermudah transportasi air sepanjang sungai Batang Hari.

PLTA August Wyhlen di hulu Sungai Rhein, Basel, Swiss

Citra Satelit PLTA Serbaguna August Wyhlen

Potensi listrik dapat digunakan untuk penerangan, rumah tangga, pertanian, perkebunan, perikanan, industri dan jaringan Kereta Api perpanjangan dari Lubuk Linggau, Sumatra Selatan hingga Muara Kalaban, Sawah Lunto, Sumatra Barat.

Jalur KA, Transportasi Massal

Kota Laufenburg, Kota Pegunungan dengan jaringan utilitas

PLTA Albburck Dogern dan Jalur Transportasi Air

Demikian tulisan saya mengenai proyeksi BUMN Jasa Tirta di Sumatra.
Atas perhatiannya, Saya ucapkan terimakasih.
Semoga bermanfaat.

Wallahu Alam B.
Wass.Wr.Wb.

Labels: , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home